Pentingnya Pembentukan Karakter di SMA Al Azhaar Tulungagung, Menurut Kepala Sekolah Bapak Aris Kurniawan

Kepala Sekolah SMA Al Azhaar Tulungagung, Bapak Aris Kurniawan, menekankan pentingnya pembentukan karakter di lembaga pendidikan. Menurutnya, karakter adalah pondasi utama dalam membentuk individu yang berkualitas.

Dalam sebuah wawancara eksklusif, Bapak Aris Kurniawan menyatakan bahwa pembentukan karakter bukan hanya tentang akademik, tetapi juga mengenai moral, etika, dan nilai-nilai kehidupan yang dijunjung tinggi.

"SMA Al Azhaar Tulungagung memegang teguh prinsip bahwa karakter yang baik adalah modal utama dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan," ujar Bapak Aris.

Lebih lanjut, Bapak Aris menjelaskan bahwa melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti kegiatan sosial, keagamaan, dan pengabdian kepada masyarakat, sekolah berupaya melatih santri untuk menjadi individu yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Santri-santri kami dilatih untuk memiliki integritas, kejujuran, dan semangat untuk mencapai cita-cita mereka tanpa melupakan nilai-nilai moral yang telah diajarkan," tambahnya.

Bapak Aris juga menyoroti peran penting para pendidik dalam mendampingi santri dalam proses pembentukan karakter. Menurutnya, ustadz-ustdah bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan yang dapat memberikan contoh yang baik bagi santri.

"Santri belajar tidak hanya dari buku pelajaran, tetapi juga dari contoh nyata yang diperlihatkan oleh para ustadz-ustadzahnya. Oleh karena itu, para pendidik harus menjadi panutan yang baik bagi para santri," paparnya.

Beliau juga menekankan bahwa kerjasama antara sekolah dan orang tua sangatlah penting dalam menunjang pembentukan karakter santri. Dukungan dari lingkungan keluarga dapat memberikan landasan yang kuat bagi perkembangan karakter anak-anak.

"Sekolah dan orang tua harus berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi pembentukan karakter anak-anak. Hanya dengan kerjasama yang baik, kita dapat mencetak generasi penerus yang tangguh dan berkarakter," tegasnya.

Bapak Aris menambahkan bahwa pembentukan karakter bukanlah hal yang instan, tetapi merupakan proses yang memerlukan ketekunan dan kesabaran dari semua pihak terkait.

"Kita harus menyadari bahwa pembentukan karakter adalah investasi jangka panjang yang akan membawa dampak positif bagi individu, masyarakat, dan bangsa secara keseluruhan," pungkasnya.

Dengan komitmen yang kuat dari Bapak Aris Kurniawan dan seluruh jajaran pendidik di SMA Al Azhaar Tulungagung, diharapkan para siswa dapat tumbuh menjadi pemimpin masa depan yang berkarakter kuat, berintegritas tinggi, dan selalu siap menghadapi berbagai tantangan dengan optimisme dan keberanian. (eks.ai)

eks.ai

Eko Suprapto